Membangun Serta mewujudkan Tuban Sejahtera, Berkeadilan, Berbudaya, Berdaya Saing dan Berbasis Lingkungan Melalui "Mbangun Deso Noto Kutho"

Artikel

TRADISI SEDEKAH BUMI (MAKAM ISLAM) DESA MRUTUK

07 September 2023 12:51:32  Desa Digital  170 Kali Dibaca  Berita Desa

mrutuk_widang.go.id Penyelenggaraan Sedekah Bumi (Makam Islam) Desa Mrutuk, Pemerintah Desa Mrutuk menyelenggarakan acara Sedekah Bumi yang bertempat di halaman Makam Islam Desa Mrutuk, Rabu (06/09/23).

Acara Sedekah bumi merupakan acara seremonial atau tradisi yang sering disebut sebagai bersih desa yang masih di lestarikan oleh masyarakat sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas semua karunia dan nikmat yang telah diberikan kepada seluruh warga masyarakat Desa Mrutuk.

Acara Sedekah Bumi di Desa Mrutuk di kemas dengan berbagai rangkaian acara meliputi; Pelaksanaan Khotmil Qur’an Bin Nadhor yang dilaksanakan di pagi hari, Tahlil dan Doa Bersama yang dilaksanakan di Sore hari kemudian dilanjut dengan Acara puncak.

Acara puncak adalah pengajian umum oleh KH. Hasyim Jaelani menyampaikan tausiah keagamaan, pentingnya persatuan dan kesatuan umat dalam ukuwah Islamiyah, juga menyampaikan sejarah/budaya Islam di Indonesia. Serta mengupas berkaitan dengan tradisi dan budaya lokal seperti sedekah bumi. Menurut beliau acara sedekah bumi merupakan wujud syukur kepada Alloh SWT atas segala nikmat karunia kepada seluruh warga, khususnya warga masyarakat Desa Mrutuk.

Selain itu, Kashanto selaku ketua panitia kegiatan acara Sedekah Bumi (Makam Islam) Desa Mrutuk menyampaikan ucapan terima kasih dan harapan “Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan acara terutama semua unsur warga masyarakat desa Mrutuk sehingga acara ini bisa berjalan dengan lancar” dan Beliau berharap “Semoga dengan pelaksanaan kegiatan ini warga masyarakat Desa Mrutuk mendapatkan berkah dan barokah yang melimpah”, Ungkapnya.

Turut hadir pada kegiatan, Penjabat Kepala Desa Mrutuk, Perangkat dan Staff Desa, Ketua BPD, Bhabinkamtibmas, Tokoh Masyarakat, dan Masyarakat Desa dengan penuh khidmat dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

Portal Kabupaten Tuban
Pengaduan Layanan Publik
Tuban Smart City
JDIH Kabupaten Tuban
Mal Pelayanan Publik
DTKS Kemensos
Prodeskel

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Brawijaya No. 321 Mrutuk Widang Tuban
Desa : Mrutuk
Kecamatan : Widang
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62383
Telepon : 085232865600
Email : desamrutuk@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:108
    Kemarin:256
    Total Pengunjung:202.156
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:35.170.64.185
    Browser:Tidak ditemukan