Membangun Serta mewujudkan Tuban Sejahtera, Berkeadilan, Berbudaya, Berdaya Saing dan Berbasis Lingkungan Melalui "Mbangun Deso Noto Kutho"

Artikel

LANGEN TAYUB SEMARAKKAN SEDEKAH BUMI SUMUR GEDE DUSUN CAMBOR DESA MRUTUK

04 Oktober 2023 20:58:28  Desa Digital  168 Kali Dibaca  Berita Desa

www.widang-mrutuk.go.id Tradisi Sedekah Bumi atau lebih dikenal dengan sebutan 'Manganan' Deso diselenggarakan oleh Warga Dusun Cambor Desa Mrutuk, Selasa(04/10/23).

Sedekah bumi tersebut merupakan tradisi yang dilaksanakan secara turun temurun dari nenek moyang sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah swt atas limpahan rizki yang diterima oleh masyarakat Dusun Cambor Desa Mrutuk. selain itu, dalam proses pelaksanaan sedekah bumi ini terdapat istilah 'Ngelampad' yang memiliki arti setempat yaitu penyediaan makanan yang dibawakan oleh Pemerintah Desa setempat ke lokasi sedekah bumi untuk dipanjatkan doa terlebih dahulu yang kemudian disajikan untuk di makan secara bersamaan.

Berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan mulai dari mengadakan selamatan, kesenian dan doa bersama. kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Pj. Kepala Desa beserta perangkat desa, Ketua RW, RT, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta pemuda Karang Taruna Dusun Cambor dengan suasana kegiatan yang mulai semarak di sore hari dengan adanya hiburan kesenian Jawa Langen tayub.

Bapak Sujiyatno selaku kepala dusun Cambor memberikan sambutan dengan menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus harapan.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan acara, terutama semua unsur warga Dusun Cambor yang begitu kompak sehingga acara ini bisa terlaksana dengan baik, lancar dan semoga dengan pelaksanaan kegiatan ini warga Dusun Cambor Desa Mrutuk mendapatkan berkah dan barokah yang melimpah serta selalu aman dari berbagai malapetaka/bahaya”, Tuturnya.

di samping itu, terdapat makna simbolis yang dapat diambil pada Sedekah Bumi Sumur Gede Dusun Cambor Desa Mrutuk  ini, yaitu memupuk rasa kebersamaan, guyub rukun, kegotongroyongan dan sebagai salah satu bentuk ungkapan rasa cinta kepada bumi sekaligus sebagai curahan rasa syukur kepada Allah swt.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

Portal Kabupaten Tuban
Pengaduan Layanan Publik
Tuban Smart City
JDIH Kabupaten Tuban
Mal Pelayanan Publik
DTKS Kemensos
Prodeskel

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Brawijaya No. 321 Mrutuk Widang Tuban
Desa : Mrutuk
Kecamatan : Widang
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62383
Telepon : 085232865600
Email : desamrutuk@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:168
    Kemarin:429
    Total Pengunjung:209.749
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.19.27.178
    Browser:Mozilla 5.0